Mengenal Batu Palimanan Berdasarkan Karakteristik dan Jenisnya

Mengenal Batu Palimanan Berdasarkan Karakteristik dan Jenisnya

Mengenal Karakteristik Batu Palimanan meliputi karakteristik batu alam palimanan, jenis batu alam palimanan, harga batu alam palimanan, aplikasi batu alam palimanan, variasi finishing batu alam palimanan, dll.

Bukan suatu yang sulit jika anda mencari Batu Palimanan di kabupaten Cirebon, karena batu tersebut merupakan batu alam yang berasal dari kecamatan Palimanan, kabupaten Cirebon. Daerah ini terletak di sekitar Gunung Ciremai, yang berupa perbukitan yang terbentuk hasil dari aktivitas vulkanik dan geologi. Batu palimanan merupakan jenis batu alam yang terbentuk karena proses sedimentasi butiran-butiran pasir. Oleh karena itu batu alam ini disebut juga batuan sandstone.

bongkahan batu palimanan emas
batu palimanan emas

Setiap batuan dari suatu daerah, akan berbeda dengan daerah lainnya. Sehingga untuk memudahkan menemukan asal batu dan batu ini memang sudah menjadi ciri khas daerah tersebut maka dinamakan Batu Palimanan. Untuk membedakannya, adapun jenis batu alam lain yang berasal dari daerah Palimanan Cirebon, diantaranya : batu andesit, batu candi merah (lavastone), batu palem (sandstone), batu putih (sandstone), batu cupang merah (sandstone), dan batu putih cacing (sandstone).

Jenis Batu Palimanan

Untuk sebagian kalangan pecinta batu alam ataupun para arsitektur bangunan, batu  khas Cirebon ini bukan merupakan batu alam yang asing. Dan batu alam jenis ini cukup digemari untuk aplikasi dinding rumah. Selain memiliki kesan yang cantik batu alam Cirebon yang satu ini memiliki ciri khas yakni berwarna dominan kuning bercorak tak beraturan.

batu alam dinding batu palimanan
rumah aplikasi batu palimanan putih

Keistimewaan Batu ini memiliki 3 jenis yang di bedakan dari warna batu tersebut diantaranya, yaitu batu palimanan kuning (Cream Palimo), batu palimanan emas (golden palimo) dan batu palimanan putih (white palimo). Khusus batu alam palimanan putih, batu ini memiliki tingkat kekerasan paling tinggi dari batu palimanan kuning dan palimanan emas.

Batu alam Palimanan biasa dimanfaatkan sebagai penghias dinding rumah, baik dinding pagar, dinding interior, dinding eksterior ataupun dinding taman hias, dll. Dan perlakuan untuk pengaplikasian batu alam palimanan saat ini sudah bermacam-macam, di Pabrik Batu Alam kami CV. Sinergi Stone batu Palimanan di produksi dengan variasi finishing : batu alam palimanan finishing Rata Alam (RTA), batu alam palimanan Rata Mesin (RTA), batu alam palimanan susun sirih, batu alam palimanan motif alur. Proses untuk finishing rata mesin, dilakukan pula proses honed dan proses polished (biasa di sebut keramik batu alam karena permukaannya yang halus dan kilau).

Batu Palimanan Finishing
Batu Palimanan Finishing

Variasi Finishing Batu Palimanan

Rata mesin seperti halnya batu alam Cirebon lainnya, batu ini di variasikan pula finishing motif alur, yang di bedakan menjadi motif alur lurus, motif alur napoli, motif alur gelombang, motif alur anyaman dan motif alur lainnya, termasuk permintaan dari pelanggan. Motif alur ini sangat tepat jika di aplikasikan pada interior rumah, pilar rumah, dinding teras dan sudah banyak pula diaplikasikan pada restaurant, hotel, dan kantor-kantor pemerintahan maupun swasta.

Variasi ukuran batu alam palimanan dari Pabrik Batu Alam kami meliputi ukuran 10x20cm, 15x15cm, 15x30cm, 20x40cm, 30x30cm dengan harga batu alam Rata Mesin (RTM) dan Rata Alam (RTM) yang berkisar antara Rp. 65.000,- sampai Rp. 85.000,- untuk harga batu alam per meter persegi (m²). Untuk mendapatkan batu alam motif alur di atas anda dapat menambahkan ongkos pembuatan motif alur sebesar Rp. 20.000,- untuk harga batu alam per meter persegi nya.

batu palimanan motif alur
batu alam palimanan motif alur

Finishing rata mesin batu palimanan, oleh Pabrik Batu Alam kami, di proses lagi ke proses honed. Yang merupakan proses dimana batu alam tersebut digosokkan piringan intan bertujuan menghaluskan permukaan batuan, khususnya batu palimanan sampai tingkat kehalusan yang di butuhkan. Setelah proses honed, adapula proses polished. Proses ini dilakukan dengan menggosokan piringan intan dengan menambahkan bahan kimia tertentu pada permukaan batuan untuk memunculkan sifat kilap seperti kaca, dan mempertegas warna karakter pada batu palimanan.

Biasanya hasil dari polished diaplikasikan pada lantai ataupun dinding, seperti halnya keramik, dalam hal ini keramik batu alam palimanan. Harga keramik batu alam palimanan untuk finishing honed, anda dapat menambahkan biaya ongkos pembuatan sebesar Rp 35.000,- sedangkan untuk finishing polished sebesar Rp. 85.000,- untuk tiap-tiap harga batu alam per meter persegi nya.

Batu Palimanan Finishing Polished
Batu Palimanan Finishing Polished

Batu ini memiliki tekstur yang cukup keras namun tingkat kekerasannya masih di bawah batuan lavastone, sehingga daya serap air lebih besar dari batu andesit. Hal ini menjadikan batu alam palimanan lebih mudah berlumut, karena warnanya yang terang menjadikan batu ini tidak terlihat bersih jika berlumut. Karena hal tersebut, batu alam cirebon ini banyak di aplikasikan pada interior rumah. Namun jika anda ingin menggunakan sebagai eksterior rumah hal tersebut dapat di atasi dengan melakukan coating batu alam setelah pemasangan batu tersebut. Coating sendiri ada 3 jenis, coating dofcoating glossy dan natural. Coating yang rutin biasa dilakukan enam bulan sekali atau setahun sekali.

============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

============================================================================

Web Lain CV. Sinergi Stone :

Jual Batu Alam

Batu Palimanan

Harga Batu Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sponsored : batu andesit